Desain Grafis Masa Depan

5 Jenis Desain Grafis Yang Tetap Bertahan Di Masa Depan

on November 3, 2018by Uncle Berry

Sudahkah kamu memprediksi jenis-jenis apa saja mengenai Desain Grafis Masa Depan yang tetap bertahan?

Sadar tidak sadar, sejatinya dunia desain grafis adalah dunia yang menyenangkan. Seperti cermin yang terhampar di dunia yang luas yang menengahi antara pelaku teknologi dan sosial masyarakat. Dan sekarang, tingkat perubahan sudah tidak menentu lagi. Dimanapun sudah cukup banyak tinta digital yang keluar dari pelakuperubahan desain dan  teknologi sekarang ini.

Menghadapi era teknologi yang cepat berkembang, kami pikir sekarang sudah saatnya mengambil langkah untuk kesiapan kita menghadapi persaingan. Dan didalam artikel Kampung Designer ini, yang kita bahas adalah soal desain apa saja yang masih dibutuhkan dalam kurun waktu 5, 10, atau 20 tahun ke depan.

Seperti yang ditulis oleh Alex Bigman, seorang pelaku desain grafis dari New York. Ia memaparkan tentang proyeksi tidak resmi mengenai model desain grafis masa depan yang terus diburu sampai tahun 2033. Dan penulis menyaringnya dan mengambil kesimpulan berikut ini :

1. Desain Flat, adalah pembuka jalan ide desain grafis masa depan yang akan terus bertahan

Meskipun teknologi terus berkembang, tapi selera pasar dalam hal desain menunjukkan sebaliknya, desain-desain sederhana dan klasik semakin banyak peminatnya. Yaitu, desain flat yang mengacu pada desain 2D sederhana namun sempurna yang tidak menggunakan gradien, bayangan atau yang mengisyaratkan desian 3D.

Bahkan, untuk desain Flat sekarang ini, pada masa yang akan datang, dinilai masih terlalu kasar dan bergelombang terutama dalam hal pemilihan warna. Untuk masa depan, desainer lebih dituntut oleh permintaan yang lebih sederhana lagi.

2. Vintage Yang Lebih Memiliki Arti Atau Terjemahan Visual Yang Lebih Bagus

Pada hari ini desain bergaya 1960-an adalah tema retro yang keren, namun pada masa yang akan datang penulis memperdiksi desain pada abad ke 15 akan lebih banyak peminatnya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

13 Jenis Desain Grafis Masa Depan Yang Tetap Bertahan

Desain pada abad ke 15 sudah menunjukkan kesederhanaan. Dalam pemilihan font karakter Basic, dimana sekarang ini juga sudah sangat banyak beredar font bertajuk basic sans serif. Desain flat dipopulerkan oleh gaya Modern pada abad pertengahan, yang berfokus pada tekstur yang ceria, dan menggunakan palet warna sederhana.

Era 50-an juga merupakan masa mendorong keterbatasan dalam desain tipografi dan jenis huruf. Barangkali contoh paling populer adalah desainer Paul Rand yang menggambar ulang logo produk IBM pada tahun 1956. Dengan tulisan yang khas, huruf geometris. Gaya jenis ini mempengaruhi karakter animasi tipografi lainnya yang mendominasi baliho dan papan reklame pada paruh terakhir dekade ini.

3. Desain Grafis Masa Depan yang Fokus pada gambar, karena gambar memiliki sejuta makna

Sudahkah Anda berselancar ke Pinterest hari ini? Dimana hari ini penulis sudah melihat banyak desain-desain yang berfokus pada gambar dan teks terlihat benar-benar tidak diperlukan lagi.

Dan hari ini, Pinterest adalah jenis situs web yang berbagi gambar yang meledak di tahun 2018 ini. Gaya situs web yang menyediakan gambar-gambar tersusun rapi didalam web, menyingkirkan konten-konten lainnya didalam web.

Desain Grafis Masa Depan

Jika kita sadar, peletakan desain di media gambar besar seperti baliho, spanduk, bahkan brosur, sekarang ini lebih menggairahkan untuk dilihat adalah desain yang hanya menonjolkan gambar dibandingkan yang penuh tulisan. Benar saja, bagaimana mungkin target akan melirik jika visualnya tidak menarik, dan mereka tidak memiliki waktu untuk membaca tulisan yang ada didalam desain.

Jadi, untuk desain masa depan, lupakan soal merangkai kata, tapi fokuslah pada gambar yang memiliki sejuta makna, seperti logo perusahaan Apple, tanpa ditulis apple pun, kita sudah tahu itu logo apa.

4. Infografis akan lebih banyak mengambil peran

Infografis Desain Grafis Masa Depan

Infografis sudah terbukti menjadi desain baru nan abadi, dan ini harus di ketahui oleh desainer untuk menciptakan konten desain grafis masa depan dan efektif untuk menyajikan informasi-informasi di media manapun.

Tapi jangan lupa untuk dicatat, bahwa infografis harus tetap lebih fokus kepada gambar. Dalam hal ini tidak perlu gambar yang menarik, namun lebih kepada gambar yang cepat dipahami oleh pembaca., tanpa dibuat tulisan pun pembaca sudah tahu arah dan pola dari informasi yang diberikan.

5. Jangan Remehkan GIF

Gif Desain Grafis Masa Depan

Facebook adalah salah satu media sosial yang sudah memakai fitur ini dikolom komentar dan fitur chat mereka. Mereka cepat sadar, emoticon sudah tidak bisa lagi bersaing dan perlahan akan ditinggalkan peminatnya, karena mengingat keterbatasan gerak pada emoticon.

Maka, GIF adalah solusi mutakhir desain grafis masa depan yang harus menjadi prioritas dalam hal pengembangan ilmu desain grafis Anda. Coba perhatikan! Saat ini GIF tidak bisa tertolak ketika GIF melintas di beranda Anda. Bahkan sekarang ini sudah beredar, gambar video durasi per sekian detik yang hanya memperlihatkan detail kecil pergerakan dari gambar.

Coba Anda perhatikan, ketika ada gambar kecil bergerak di hadapan Anda, setidaknya dalam 5 detik pertama Anda ingin sekali melihatnya. Karena kita tahu untuk melihat pergerakan animasi ini tidak membuang waktu yang lama dan tidak jenuh.

Kami Merasa Sudah Cukup Untuk Tulisan Desain Grafis Masa Depan

Tanpa mengenyampingkan desain 3D yang lebih nyata, apakah kamu setuju dengan kutipan dari penulis? ya semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada ide lain mengenai desain grafis masa depan, mungkin Anda bisa meninggalkannya di kolom komentar. Dan jangan lupa untuk menshare tulisan ini, semoga kita bertemu dan tatap muka di kesempatan-kesempatan lainnya.