7 Langkah untuk Membangun Karir Freelancer Anda

Menjadi seorang Freelancer  adalah pekerjaan impian bagi banyak orang dengan pengetahuan kreatif dan artistik. Tetapi bagaimana Anda bisa membuat lompatan tinggi yang dimulai dari bermimpi, melakukan, dan bergabung dengan jajaran freelancer yang sukses? Inilah beberapa kabar baik: Anda dapat meluncurkan dan menumbuhkan karier freelancer Anda dimulai dari artikel ini.

Memilih langkah membangun karir menjadi seorang freelancer adalah pilihan tepat disaat menghadapi pasar global terkemuka saat ini. Banyak perorangan dan perusahaan mengganti arah kiblat mereka dari membuka lowongan kerja menjadi melempar pekerjaan kepada pekerja lepas. Ini bisa banyak menghemat, dimulai dari waktu, energi dan biaya.

Saat ini mereka mencari Anda! Ya seperti itulah yang saya rasakan sebagai seorang freelancer juga. Diluar sana, banyak dari mereka mencari keahlian Anda, bukan tentang jasa Anda lebih murah, tapi Anda adalah lebih baik dari yang lainnya.

Baca Juga : Cara Jitu Menghasilkan Uang Dari Desain Grafis

Langkah 1 Freelancer : Bangun Personal Branding Anda

Ini langkah penting bin utama, karena personal branding ini adalah tangga pertama Anda sebagai seorang freelancer. Tahap pertama adalah perkenalkan diri Anda dengan keramahan dan profesionalitas di forum forum penting, media sosial, dan jaringan pertemanan offline anda.

Bangun Personal Branding melalui Fiverr

Fiverr adalah marketplace besar untuk layanan freelancer. Perusahaan ini menyediakan platform bagi freelancer untuk menawarkan layanan kepada pelanggan di seluruh dunia. Anda bisa mendaftar Fiverr segera disini.

Pertanyaan pentingnya adalah kenapa harus Fiverr? Kampung Designer sangat menyarankan Fiverr untuk bangun personal branding Anda. Karena platform yang berdiri sejak 2010 ini dibuat untuk Anda yang ingin memulai bisnis dengan sangat sederhana. Anda hanya perlu membuka toko tentang jasa yang anda sediakan dengan sebaik mungkin, dan menemukan calon klien Anda disana.

Berbeda dari banyak platform microjob lainnya, Anda harus berkompetisi memerangi harga, mengikuti kontes, dan mengejar rating untuk mendapatkan kepercayaan klien terlebih dahulu, Di Fiverr tidak sesulit itu, meskipun ketiga hal tersebut tidak terhindarkan, tapi anda cukup memulai karir di Fiverr dengan membuka toko dengan membuat judul dan deskripsi gig (toko) sebaik mungkin untuk bisa tampil di halaman satu pencarian Fiverr, maka klien akan menghubungi Anda. Tentu, kami akan mengulik lebih detail tentang Fiverr lebih banyak lagi, anda cukup lakukan subscibe di halaman ini, kami akan beritahu Anda tentang artikel artikel terbaru kami.

Langkah 2 Freelancer : Fokus Pada Satu Bidang

“Saya tidak pernah takut pada orang yang menguasai 10.000 jurus tapi saya takut pada orang yang menguasai 1 jurus tapi melatihnya 10.000 kali”
-Bruce Lee

Anda tidak perlu menguasai banyak bidang, cukup asah 1 skill terbaik Anda, maka Anda akan menjadi orang yang paling Expert dibidang itu. Apakah itu seorang desain grafis, web developer, penulis konten, kuasailah bidang Anda. Dan diluar sana (bukan di negeri Indonesia tentunya) banyak dari mereka yang hanya menguasi satu jurus saja, maka dari itu mereka mencari Anda.

Seorang dokter ahli sekalipun tidak bisa melakukan banyak hal lain selain keahliannya. Maka dari itu dokter  spesialis akan mendapatkan upah lebih banyak dibanding dokter biasa.

Langkah 3 Freelancer : Buat Portfolio Terbaik Anda

Sebelum memulai mendapatkan klien pertama Anda, sebaiknya Anda sudah menyiapkan beberapa portfolio terbaik Anda. Ini penting, meskipun Anda belum mendapatkan pengalaman bekerja, mereka tentu akan meminta postfolio Anda, dari hasil karya Anda inilah mereka akan menentukan minatnya untuk merekrut Anda sebagai partner mereka.

Langkah 4 Freelancer : Motivasi Diri Sendiri Itu Penting

Tentu saja Freelancer bukanlah suatu pekerjaan yang dapat diremehkan atau bahkan dikatakan tidak penting. Jika Anda bekerja sebagai freelancer, ada baiknya belajar untuk memotivasi diri sendiri agar bisa menciptakan hasil pekerjaan yang berkualitas. 

Dan jangan menganggap kalau pekerjaan Anda ini hanyalah sebagai sampingan atau bisa dinomorduakan. Jika Anda sudah memilih bekerja sebagai freelancer, ada baiknya membuat komitmen dengan hal tersebut. Gunakan waktu Anda sebaik mungkin dan pastikan kedisiplinan melekat dalam diri atau karakter Anda saat bekerja.

Langkah 5 Freelancer : Identifikasi Klien Target Anda

Sama pentingnya dengan menemukan skill utama Anda yang menguntungkan, menarik jenis klien yang tepat untuk bisnis freelance Anda adalah hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan pelajarannya.

Karena Anda baru saja memulai bisnis lepas Anda, tidak apa-apa untuk mengambil sedikit lebih banyak pendekatan untuk mendapatkan beberapa klien. Buat beberapa asumsi awal tentang dengan siapa Anda yang sedang sangat serius ingin bekerja, targetkan terlebih dahulu. Anda bisa mencari mereka di forum, grup facebook, bahkan seperti suggest kami yang pertama yaitu melalui Fiverr.

Perkenalkanlah diri Anda setiap hari tanpa rasa jenuh, dan setelah bekerja dengan beberapa dari mereka, Anda akan mengembangkan perasaan yang sangat jelas apakah Anda ingin terus mengejar klien yang sama atau tidak. Dan point penting tetaplah membuat klien Anda happy selalu bersama Anda.

Langkah 6 Freelancer : Tetapkan Harga Strategis untuk Layanan Anda

Kita harus bicara banyak tentang menetapkan harga yang tepat untuk bisnis freelance Anda sebelum Anda memulai. Bahkan Anda harus merancang sebuah infografis yang menuntun Anda untuk menentukan tarif dari jasa yang Anda tawarkan.

Dari sudut pandang angka murni, penjelajah tingkat freelance sangat mungkin dihargai waktu perjam Anda, bukan hanya sampai project itu selesai. Hitung pengeluaran dan kebutuhan Anda, dan catat apakah skill Anda sudah layak mendapatkan harga seperti itu, harga murah bukanlah diri Anda, tapi tentukanlah harga terbaik Anda.Tidak ada yang namanya harga terlalu tinggi. Harga Anda mungkin terlalu tinggi (atau terlalu rendah) itu tergantung jenis klien yang Anda targetkan.

Langkah 7 Freelancer : Pelajari Cara Menghukum Diri Sendiri

Langkah yang terakhir Jika Anda ingin memulai freelancing adalah, Anda perlu tahu cara menghukum diri Anda sendiri — ini adalah aset yang akan bernilai emas yang berat tapi akan berdampak berlian ditahun tahun yang akan datang. Tidak peduli seberapa terampil Anda dalam keahlian Anda, jika Anda ingin mengubah keterampilan Anda menjadi memulai bisnis freelance, Anda harus dapat mengkomunikasikan kekuatan itu dan mengubah ucapan Anda menjadi uang yang ada harganya.

Jangan Bosan untuk melakukan 7 langkah Freelancer ini berulang ulang dan sebarkan informasi baik ini, Anda akan mendapatkan pahala dari perbuatan ringan ini. Sampai ketemu di tulisan selanjutnya, Salam Freelancer.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Pak Lurah

Pak Lurah

Download vector gratis di Kampung Designer, dengan berbagai varian file untuk kebutuhan project kamu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kampung Designer Logo 80

Berlangganan
Newsletter

100% Privacy, No Spam Guaranty

Recent Posts