Coreldraw VS Illustrator

CorelDRAW VS Illustrator, Mana Yang Terbaik?

on September 3, 2018by Pak Lurah

Sering timbul pertanyaan soal program grafik mana yang lebih baik, CorelDraw atau Illustrator? CorelDraw VS Illustrator, Keduanya banyak di gunakan di Indonesia dan keduanya juga banyak kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Coreldraw VS Ilustrator

Namun, Satu kata yang sulit dipahami mengapa saat ini Corel Draw belum sempurna untuk dijalankan di OS seperti MAC dan Linux namun Corel Draw cukup baik saat dijalankan di OS Windows. Menurut perbandingan dari sumber Financesonline, Corel Draw hanya bisa dijalankan lewat OS Windows, dan Adobe Illustrator bisa dijalankan di semua OS. Untuk Anda pemilik Apple yang memakai OS MAC, sudah tentu Anda harus urungkan niat untuk menginstal Corel Draw di perangkat Anda, karena Corel Draw sulit dikembangkan di MAC.

Baik, sekarang kita kesampingkan dulu dimana mereka berdua bisa dijalankan, sekarang kita bedah masing-masing kelebihan dari keduanya.

Andrew brett Watson adalah salah satu yang sudah yang sudah mereview kedua program ini, dan menurut orang kelahiran New Zealand tersebut, berikut ini adalah  kelebihan dari Corel Draw dibandingkan Illustrator :

  1. Snap To Object. Addons ini bekerja sangat baik, meskipun di pihak Illustrator menyebutnya “snap to point” namun addons kedua ini tidak sama persis, dan lebih rumit digunakan.
  2. Aligning Object, ini adalah fitur untuk menyeimbangkan objek B ke Object A. Dalam Illustrator menyeimbangkan objek mereka semua sejajar, yaitu baik objek B dan object A keduanya bergerak. Ini membuat fitur penyeimbangan jadi tidak berguna. Namun, tidak dengan Corel Draw, ketika Anda menggunakan align, object  akan sejajar dengan object terakhir yang dipilih, dan ini sangat memungkinkan Anda untuk mengontrol dokumen Anda dan merapikannya di bagian akhir pekerjaan desain Anda.
  3. Shortcut untuk menyeimbangkan object pada Coreldraw. Didalam Coreldraw mampu menyeimbangkan object B untuk berada di Object A hanya dengan menekan tombol ‘C’ pada keyboard Dan yang terbaik adalah dengan menekan tombol ‘P’, maka object  yang terpilih akan berada di pusat media gambar kerja Anda.
  4. Pengeditan node pada Coreldraw jauh lebih pintar, lebih sederhana, dan lebih mudah dari illustrator.  Bahkan penyuntingan node di Coreldraw beberapa pakar mengakui  menjadi penyuntingan terbaik dari beberapa program grafis yang ada.
  5. Text Kerning jauh lebih mudah di Corel Draw, Anda cukup menyesuaikannya melalui mouse dengan cara menekan shape tool (f10) dan mengarahkan kursor mouse ke text yang mau Anda buat jarak dari text satu ke text yang lainnya.
  6. Rounding sudut pada object yang berupa lingkaran, gambar persegi atau persegi panjang. Anda cukup menarik sudut dengan alat edit tool untuk membuat sudut lingkaran yang Anda inginkan.

Setelah membedah apa kelebihan Coreldraw, sekarang kita akan membahas Apa saja kekurangan Coreldraw?

  1. Efek di Coreldraw jauh dari kata sempurna, ini sangat diakui oleh beberapa pakar desain grafis. Efek vector yang ada di corel draw tidak bisa dibanggakan, terlebih jika sudah masuk ke media printer, maka efek-efek corel draw sangat buruk terlihat, ada potongan-potongan efek yang terlihat.
  2. Tombol di Coreldraw tambak meribetkan mata untuk memandang, seluruh kata perintah di corel draw menampilkan ikon yang menurut beberapa pakar ini menjadi hal yang sangat tidak dibutuhkan, meskipun ada juga yang merasa lebih mudah dengan adanya icon-icon pada toolbar, tapi menurut para senior di desain grafis ini seperti program yang ditujukan kepada anak-anak yang tidak mengerti intruksi pada toolbar.

Tiga hal yang paling menonjol untuk kita mencintai Ilustrator

  1. Program ini cukup terorganisasi dengan baik, program ini lebih flexible dibandingkan Coreldraw.
  2. Program ini bisa di install di System Operation apapun, tidak seperti Coreldraw yang hanya mendukung system windows, yang mana Anda tidak bisa bertukaran file ke system operation yang berbeda.
  3. Derfault Pallate warna pada Illustrator sudah disesuaikan dengan standar warna yang lebih hidup, hal ini membuat perbedaan yang jelas ketika finishing dengan Coreldraw atau dengan Ilustrator yang membuat desain lebih penuh warna, sedangkan di Coreldraw kita dipaksakan untuk memilih warna yang lebih sesuai keinginan kita, karena default warna di coreldraw masih sangat standar pada warna dasar belum tercampur.

Dari keterangan diatas, secara umum kami lebih menyukai Coreldraw dari sisi kerjanya yang mudah, namun untuk basis efek, Coreldraw sangat tidak direkomendasikan, efeknya buruk dan jauh dari nilai seni yang memuaskan.

Namun, tidaklah salah jika kita menyandingkan kedua program ini sebagai program desain grafis terbaik abad ini. Mengapa? Karena keduanya mendukung eksport program yang sama, maka kita bisa menggambar basic di corel draw, dan finishingnya memakai Illustrator.

Tinggalkan komentar Anda di Artikel ini, dan selamat mengilustrasikan seni lewat layar Komputer Anda

Categories