Kerning Adalah? Ilmu Penting Untuk Desainer Font

Kerning adalah upaya antar spasial satu huruf dengan huruf lain. Dalam dunia desain grafis, banyak faktor penting untuk menghasilkan desain visual yang baik. Ada beberapa istilah atau teknik yang menjadi bahan pertimbangan setiap desainer dalam membuat karyanya, katakan saja seperti kerning , memimpin , melacak dan berbagai teknik lainnya.

Karena kerning adalah teknik. Maka sebagai seorang desainer perlu mempelajarinya. Supaya hasil desain terlihat memuaskan.

 

Jika Anda mengabaikan serta acuh tak acuh terhadap hal yang sepele ini bisa jadi desain Anda tidak akan memuaskan. Memang ada kalanya teknik ini tidak perlu seperti kompilasi Anda sedang mendesain gambar, karakter, latar belakang maka hal ini saya rasa tidak perlu kerning.

Jadi sekarang yang menjadi pertanyaannya kapan saja harus menggunakan kerning ini? Jawabannya sederhana menggunakanlah kerning kompilasi Anda membutuhkannya. Saya bantu kasi gambarannya, kompilasi Anda dihadapkan dengan mendesain mendesain logo maka Anda harus membuat setiap elemen dari logo itu terlihat sempurna bukan? Nah di sinilah kerning akan kita gunakan.

Melanjutkan contoh di atas tentang desain logo, kerning dapat membantu Anda membuat tipografi dari teks Anda terlihat lebih menarik. Bila Anda tidak menggunakan kerning, maka bisa jadi teks yang sesuai dengan logo Anda. Nah, dengan spasi spasial satu hurufnya manual maka kamu bisa membuat teks kamu lebih rapi dan sesuai keinginan kamu.

Baca Juga: 10 Font Keren yang Populer di Gunakan untuk Desain Website

Dalam tipografi sendiri setiap huruf memiliki jarak spasi yang berbeda setiap huruf itu. Guna mudah memecahkan hal ini. Anda menantang balok huruf yang dulu dikeluarkan di pasaran. Balok huruf itu memberikan gambaran kepada kita setiap huruf dibungkus oleh sebuah persegi. Dalam konsep digital sekarang persegi itu masi berada di setiap huruf namun kita tidak bisa melihat lagi.

Oleh karena kerning adalah sebuah teknik yang dituliskan jarak antar setiap huruf. Bentuk setiap huruf pun menentang terhadap jarak spasinya. Bentuk huruf A akan memiliki jarak spasi yang berbeda dengan huruf O. hal ini disebabkan huruf yang melingkar akan semakin bertambah jarak spasi. Guna bahas kerning ini dengan lebih baik mari kita ulas bersama tentang tips 5 tips kerning menurut para pakar.

1. Pahami jarak antar kombinasi huruf

Kerning

Jarak spasi antar huruf defaultnya dibuat agar sama rata kompilasi kita menulis kata. Namun adakalanya kompilasi kita menggunakan beberapa kombinasi huruf hal ini akan menimbulkan kebengkakan spasi. Beberapa kombinasi huruf yang harus Anda pilih seperti huruf condong A, K, V, W, dan Y. Kemudian dengan lengan yaitu F, L, dan T. Serta yang kombinasi terakhir antara huruf W atau V ditambah huruf A.

2. Menerima pemilihan font dan ukuran

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan proses kerning adalah menetukan font dan ukuran yang akan Anda gunakan. Jika Anda ingin menggunakan font Helvetica dengan ukuran 48 maka lakukanlah kerning pada font dan ukuran tersebut. Namun jika Anda mengganti font, maka ukuran pun melakukan kerning. Maka proses kerning Anda akan sia – sia saja.

3. Putar balikkan teks Anda
Kerning

Ya kamu tidak salah baca! putar balikkan teks Anda. Maksud saya di sini adalah Anda harus memutar teks yang dibalik atau lebih mudahnya. Dengan membuat bagian bawah teks Anda di atas maka Anda akan lebih mudah melihat jarak spasi. Lalu bisa melakukan kerning dengan lebih mudah tanpa perlu khawatir lagi fokus Anda teralihkan oleh kata – kata tersebut.

4. Lakukan kerning secukupnya 

Saat Anda melakukan kerning terhadap teks Anda, jangan lakukan berlebihan. Jika Anda terlalu ekstrim dalam melakukan teknik ini, ada baiknya akan mengacaukan desain Anda. Kita ambil contoh Anda akan melakukan kerning terhadap teks “kerning”. Nah apa yang terjadi bila Anda berjarak antara huruf “r” dan “e” dengan terlalu dekat? Akan menambahkan hufur “m” ke dalam kalimat kerning.

5. Lakukanlah proses kerning secara manual

Dalam beberapa perangkat lunak, seperti Adobe Photoshop, Ilustrator, Indesign ada fitur auto kerning. Nah saya menghargai Anda untuk tidak terlalu mengandalkan fitur ini. Ada yang harus Anda lakukan dengan manual pada teks Anda. Meski demikian menggunakan auto kern juga bukan merupakan kesalahan yang digunakan pada tempatnya. 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Eki Akmarullah

Eki Akmarullah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kampung Designer Logo 80

Berlangganan
Newsletter

100% Privacy, No Spam Guaranty

Recent Posts